Summer Course, 16 Juli 2009

Pelajaran “hidup” yang didapet di tanggal 16 ini:

 

 

1. JANGAN MAIN-MAIN SAMA MESIN DI JEPANG

 

Kejadian nyata, Kambing tadi pagi beres sarapan udah naek ke lantai 8, di mana di situlah dibikin sebuah ruangan khusus buat nyuci. Yep, baju-baju yang Kambing pakai pas berangkat ke sini Kambing cuci, soalnya ngga kuat banget kalo ngga, pasti gatel-gatel (secara berjam-jam gitu di pesawat). Di ruangan itu ada 2 mesin, mesin cuci ama pengering di atasnya. Di sebelahnya ada vending machine buat minuman sama sabun cuci. Ada kursi sama meja kecil juga, tapi wtf siapa juga yang mau nunggu 30 menit di dalem ruangan sepanas itu?? Nyiapin duit 300, berisi pecahan 100 2 biji, 50 sebiji, 10 4 biji, ama 5 2 biji (bingung ngga tuh??). Awalnya yang 200 pertama dengan masing-masing koin 100 yen selamet, Kambing pun nunggu selama 30 menit buat nyucinya. Eh pas yang kedua… di mesin pengering udah masukin 50, tapi pas masukin yang 10…

 

… kok ngga muat??

 

Dan apa yang terjadi saudara-saudara?? Ternyata mesin macem gini di Jepang tuh HANYA MENERIMA UANG PAS DAN TIDAK MENERIMA UANG DENGAN JUMLAH PECAHAN LEBIH KECIL APALAGI MENERIMA KEMBALIAN (apa sih??). Sekedar ati-ati juga buat yang mau ke Jepang suatu saat nanti (didoain yang baca ini semoga suatu saat bisa ke negeri yang bersih ini, amiin). Alhasil Kambing terpaksa minjem uang temen….

 

Rugi 100 yen dong?? Hoho, ini nyambung ke pelajaran yang kedua~

 

 

2. BERBAIK HATILAH SAMA TEMEN YANG BERANGKAT BARENG

 

Kenapa?? Karena ada salah seorang temen Kambing, tiap malem emang ke kamar Kambing buat online bentar dan buka FB (skalian ngobrol plus curcol). Mungkin karena ngga enak juga tiap malem guprak-guprak kamar orang dan numpang online, akhirnya dengan berbaik hati dan setengah memaksa dia ngasih Kambing 100 yen buat gantiin rugi di mesin pengering tadi. Whoaaa…. Lumayaaaann!! Jadi intinya, banyak amal selama di negeri orang, okeh!😉

 

 

3. TIPS MAKAN HEMAT

 

Kalau mau ngehemat makan, ada nih caranya. Buat pagi, di sini emang disediain breakfast (tinggal milih mau masakan Barat apa Jepang). Buat siang, kalau mau murah cari aja bento set yang harganya kurang dari 300 yen (isi paling cuman nasi, tamago—telur dadar dingin yang manis, plus ikan). Buat malem, ngahahaaa… semua bento yang kadaluarsanya pas hari itu juga langsung diskon 50%!! Setengah harga, bo!! Tarolah makan malem 250 yen, jadi sehari cuman ngabisin sekitar 550 yen. Minumnya?? Selipin aja botol kosong dari Indo, diisi gula saset apa botol kecap gitu, pas di sini keluarin semua dan botolnya pake deh buat bawa minum sendiri. Lagian di sini nyari aer minum gampang. Buka keran juga aernya udah bisa diminum (serius!! Ngga ngajarin jorok lho ya~ saking bersihnya ni negara). Makanyaaa, gampang, kan??

 

Tapi ati-ati pas nyari bento set-nya ya…. Pokoknya dari Indonesia apalin tuh huruf kanjinya ‘buta niku’ alias daging babi (karena Kambing ngga boleh makan babi). Kalo ngga, hahaha dadah babaaaiii~

 

 

4. ISTIRAHAT PELAJARAN BUAT TIDUR DAN MAKAN?? HMM….

 

Kalo di kampus yang notabene sama aja kayak tempat les gini, 4 jam di kelas bukan dibagi 2 sesi dan istirahat 30 menit, tapi dibagi 4 SESI dan ISTIRAHAT MASING-MASING 10 MENIT. Pengalaman temen Kambing, kiranya pas istirahat bisa makan dan sebelumnya dia emang ngga sempet makan. Eh ngga taunya sama skali ngga ada waktu. Tempat makan yang deket sekolah aja kudu jalan dulu ke luar dikit, makan waktu juga sementara dateng ke kelas lagi ngga boleh telat. Yah, kalo soal tidur mah mungkin masih bisa ya…. Asal tidurnya bener2 bermutu mah, ok2 aja dan bisa seger lagi pas sesi berikutnya….

 

 

5. JANGAN KAGET NGELIAT KELAKUAN ORANG INDONESIA YANG UDAH BELAJAR LAMA DI SANA

 

Diajak kumpul sama pakde dan sahabatnya yang orang Jepang, terus ketemu juga sama senpai-senpai yang ngambil course jangka panjang (yang minimal 2 taun itu). Awalnya kesannya agak-agak gimanaaa gitu sama yang baru-baru, tapi ternyata….

 

Ngeh… kayaknya orang Jepang sendiri bisa jantungan kalo ngeliat kita-kita ngobrol ngakak heboh kayak apa di dalem sebuah coffee shop kecil gitu….

 

 

6. SIAPIN PERUT KARET KALAU DIJAMU ORANG JEPANG

 

Engga percaya? Pas malem dijamu sama sahabatnya pakde itu, huehh, dibikinin teppanyaki (makanan yang isinya sayuran dan daging yang dimasak di atas panci gede) sama chicken wing gitu (bumbunya dari jahe sama SAKE). Dan taulah nabe (panci—red.) orang sini kalo masak sejabrik-jabrik apaan tau. Mau ngga abis, ngga enak—tapi emang ngga kuat ngabisin potongan KOLnya sih, ahyahahahaaa…. Mana abis itu dikasih makanan penutup berupa melon yang daging buahnya warna kuning dan maniiiiiisss banget…. Konon katanya itu melon kaisar yang harganya berkisar sampe 5 digit angka nol di belakang angka utamanya. Percaya ngga percaya, tapi emang uennnaaaaakk banggeeeeeettt….

 

 

7. TEMPAT NGECENG ENAK DI MANA, YA??

 

Hanya 1 tempat… DEPAN STASIUN.

 

Pengalaman, jam 12 Kambing sama temen ngider berdua nyari makan siang ke daerah depan stasiun. Bosen makan bento, kita mampirlah ke McD yang masih di sekitar situ juga. Eh ngga taunya begitu kita keluar dari McD, DENG!!! Begitu banyak bocah-bocah SMA keluar dari stasiun, cewek cowok semuanya bergerombol dengan pakaian seragam yang khas banget di sini. Wuih… meski hari panas, tetep deh jadi pemandangan sejuuuuk…. Apalagi cowok-cowoknya, beuh, kalo ngga seme, ya uke~ njahahahaaaaaa….

 

 

8. JANGAN PERNAH PIKIR ORANG JEPANG ITU GALAK

 

Percaya, dengan Kambing cuman bilang, “Ueda itu kotanya sepi, ngga banyak orang sibuk lalu lalang di jalan,” bisa dengan mudahnya mendapat senyum manis istrinya tuan rumah yang ngejamu Kambing itu? Silakan coba sendiri kapan-kapan, ngeheheheee….

 

Tapi emang yang diceritain sama sensei waktu pengenalan pertama di kampus juga gitu. Orang Jepang itu sebenernya segan sama orang asing, karena mereka ngga paham bahasa asing dan bahasa Inggris pun pengucapannya berantakan. Jadinya kesannya jutek, galak, dll padahal sebenernya mereka juga mikir mau ngajakin ngobrol apaan….

 

 

9. MAU TAU JET COASTER GRATIS??

 

Mungkin kalau baca point terakhir ini agak-agak, “Ngeh, apa nih maksudnya?” “Jet coaster gratis? Mimpi kali lu??” “Ha?? Di mana?? Bisa jungkir balik juga, ngga??”

 

Sayangnya kalo jungkir balik emang ngga bisa.

 

Caranya?? Yah… coba aja disetirin sama orang Jepang. Rasain deh, dalem kota dan jalan kecil aja berani ngejalanin 50 km/jam. Udah gitu belok kanan kiri tak lupa rem dadakan kalo ada yang mau nyebrang. Plastik muntah?? Ngga perlu, bisa kebilang cukup nyaman juga asal jangan kayak gitu abis makan berat, ok?

 

 

 

Ok, segini dulu postingan tanggal 16. Maaf banget kayaknya setiap posting cuma bisa di-update 1 hari sesudahnya dan jam-jam seginian. Ngga apa-apa kan??

Ya udah, mau siap-siap ke kampus dulu….

 

 

-Kambing-

Categories: Uncategorized | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: