Summer Course, 18 Juli 2009

Hari ini hari yang sangat dinanti, karena….

GION MATSURI GA KITAAAA!!! (Gion Matsuri udah dateeenng!!!—red.)

Ehm, jadi begini ceritanya….

Pagi-pagi jam 10, Kambing dan 7 temen laennya (dengan kata lain semuanya) udah jalan ke tempatnya kepala sekolah-kampus (sebutannya di sini rijichou). Katanya di pagi hari sebelum matsuri (festival—red.) berlangsung, bakal ada upacara adatnya dulu gitu pagi-pagi. Hmm, Gion Matsuri itu kayak gimana sih sebenernya? Ok, kita rinci satu-satu dulu.

Jadi, di matsuri yang diadain tiap bulan Juli ini (tanggalnya beda-beda tergantung daerahnya), bakal ada lomba ngangkat omikoshi. Omikoshi itu apa? Semacem kuil kecil yang ditandu di atas balok-balok kayu panjang. Engga cuman kuil sebenernya, ada juga yang omikoshi-nya ini dibentuk dari susunan botol-botol sake (arak Jepang—red.) gitu, jadi macem menara sake, tapi bentuknya juga menyerupai kuil. Nah, si omikoshi ini diangkat sama banyak orang (sekitar 50 orang per omikoshi), ada yang 1 omikoshi khusus buat cowok semua, cewek semua, campur-campur, bahkan anak-anak SD juga ikutan bawa omikoshi. Bawanya digimanain?? Haha… balok-balok kayu yang jadi tandu omikoshi itu dipanggul di pundak…. Sisanya paling macem bazaar gitu, di trotoar (sepanjang jalan) penduduk banyak yang buka stand, macemnya stand makanan (takoyaki, okonomiyaki, karaage, choco-banana, es serut disirupin), stand permainan (nangkep ikan mas, mancing maenan-maenan berhadiah), dan stand souvenir (topeng-topeng pikachu, power ranger—sayang topeng kitsune pesenan ngga ada). Si stand-stand ini juga cuman ada di jalanan yang kelewatan sama omikoshi itu sampai ke sebuah spot (di sini perempatan jalan gede gitu), dan si omikoshi-nya dilombain.

Lombanya gimana? Dibawa doang??

Ya enggalah….

Ok, mulai cerita benernya.

Kembali ke pagi sebelum matsuri, di “markas” si rijichou ini (nampaknya beliau emang orang penting dan terkenal) diadain semacem doa bersama buat ngeberkatin si omikoshi-nya itu. Ada 3 omikoshi yang dibikin di sini, 1 untuk anak-anak SD (kelas 1-6), 1 khusus untuk perempuan, dan 1 lagi buat laki-laki. Ritual itu punya makna, bahwa siapapun yang hadir di situ dan bakal ngangkat omikoshi nanti, semoga diberikan kebaikan lalalala gitu (yah ngerti lah semacem gimana….). Tenang, Kambing sama temen-temen di situ cuman motret-motret dan ngerekam-rekam doang upacara adatnya, ngga ikutan partisipasi karena belum ada niatan pindah ke agama Sinto *digebuk massa*.

   

Begitu beres, nunggu ke jam 4 di mana yang mau ikut ngangkatin omikoshi dikasih baju khusus sama kampus, terdiri dari celana kain item-biru dongker (yang entah kenapa pas dipake ngepas banget tapi begitu udah jalan ngelonggarin sendiri), happi (macem yukata cuman pendek, kayak atasan aja) biru plus obi-nya alias semacem iket pinggang gitu (cuma obi tinggal iket mati biar ngga lepas di jalan), sama sepatu khusus (boleh dibawa pulang!!). Dari kampus, barulah jalan rame-rame ke tempat rijichou lagi. Dari situ mulailah… perjalanan ngangkatin omikoshi dari JAM SETENGAH 6 sampai JAM 9.

Ngga percaya? Haha, semoga bekas memar di pundak Kambing masih ada begitu pulang dan bisa jadi bukti, nyahahaa~ *ktawa stress*

Setengah 6 dari markas rijichou, rame-rame ngangkatin omikoshi (kebagian di depan yang otomatis BERAAAATT BANGEEEETTT). Ngga terus-terusan tapi, jadi sekitar 10 menit sekali dikasih istirahat dulu (bisa gantian sebenernya sama orang lain, tapi ngga seru kalo ngga ikut ampe akhir), istirahatnya sekitar 5 menitan, boleh minum dan duduk ngelurusin kaki (si omikoshi-nya dikasih penyangga yang disebut uma alias kuda, jadi ngga digeletakin di jalanan aja gitu). Hahaha, beneran deh, pegelnya bahkan masih kerasa ampe sekarang. Padahal bahu udah dialasin pake anduk, kaos daleman, ama kain jilbab Kambing. Dan selama jalan tu omikoshi juga ngga asal diangkat, kita bawa sambil digoyangin, diacungin, dan kitanya sambil teriak-teriak heboh gitu (ada komandonya, dan teriakan-teriakan itu berkhasiat sebagai penghilang capek—serius ngga boong!!). Kambing sih nganggepnya karena sambil teriak dan emang Kambing excited banget ikutan acara itu, jadi kuat ngangkat dari awal sampai akhir tanpa gantian sama orang.

Yang heboh yang pas penilaian di spot yang Kambing bilang di atas. Jadi kita di suruh ke tengah perempatan, gotong-gotong tu omikoshi sambil arahin ke kiri-kanan-kiri-kanan-maju-mundur-muter (kebayang ngga? Kambing juga susah ngebayanginnya lagi, eheheheee). Tapi karena emang di situ rame banget, somehow semua orang yang ikut ngangkat jadi lebih semangat nunjukin kekuatan dan kekompakan masing-masing dalam ngangkat tu omikoshi. Gituuu, ah pokoknya rame dan seru banget!!

Malemnya jam 9 nyampe markas rijichou lagi, dan di sana kita dijamu makan malem. Hueh, barbar deh. Meja-meja dideretin dibikin lajur-lajur panjang gitu, terus disediain berbagai macem makanan yang kita tinggal ngambil di situ. Ada ayam, jamur, mie, onigiri, telur rebus, macem-macem deh. Beres-beres jam setengah 10 (yang penduduk situnya sih bisa party ampe jam 5 pagi kali), ngambil barang dan ganti baju lagi di kampus, Hueeehh, jalan lagiii…. Hanya saja SAYANGNYA, stand udah pada tutup ketika kita jalan balik ke kampus.

 

Naas…. Tapi seenggaknya, kegantiin sama pengalaman ngangkat omikoshi, heheheee….

Nyampe hotel lagi sekitar jam 10 lebih, nyaris setengah 11. Huff… capeknya…. Mana besok paginya harus ngejar shinkansen jam 6.13 buat ke Tokyo (di sini hari Seninnya libur, jadi temen-temen pada pengen ke Tokyo dan Kambing ngikut aja). Sebelum tidur, tadinya udah berniat mau nge-charge HP n laptop (meski laptop emang mau ditinggal di sini aja, dikunci di dalem koper)… tapi ngga taunya….

Sambungan colokan Kambing (yang dari colokan Indo ke lobang Jepang) koit mendadak….

….

….

….

Lalala, demm….

Alhasil Kambing numpang nge-charge HP doang di kamar temen. Huff….

Lalu bagaimanakah kelanjutan si colokan tadi?? Tanpa colokan, Kambing ngga bisa nge-charge juga kan??

Haha, mari kita tunggu kelanjutan postingannya~

-Kambing-

Categories: Uncategorized | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: