Summer Course, 27 Juli 2009

Jauh-jauh ke Ueda, ternyata….

 

Dapet juga pelajaran masak di sini, alias bikin mie soba -_____-a

 

(kmaren nari, skarang masak, komplit bener dah—berasa nasi timbel)

 

Hari ini diajak sama sensei (yang istilahnya home teachernya anak-anak Indonesia karena beliau bisa bahasa Indonesia) ke sebuah penginapan gede bergaya Jepang banget gitu. Letaknya ada di daerah pegunungan, mirip-mirip Ciater gitu mungkin, ya? Dan karena kmaren dari pagi ujan terus ngga berenti, cuaca jadi lumayan dingin. Hahaha, bener-bener ngga beda jauh ama Ciater atau Lembang pokoknya. Di sini ada 2 agenda, yakni bikin mie soba dan masuk onsen (pemandian air panas—red.).

 

Ok, jadi yang pertama, kisah tentang mie soba….

 

Sebelumnya Kambing udah pernah cerita kan, di notes (yang entah tanggal brapa Kambing lupa xp) Kambing pernah bilang sempet diajak makan mie soba waktu maen ke Nagano. Yup, mie soba itu mie dinginnya Jepang. Sama aja sih ama mie Indo, tapi lebih kenyal dan lebih panjang-panjang gitu (dan sedikit lebih tipis). Setelah tau cara bikinnya, Kambing langsung tau kenapa mie soba ini bisa panjang sepanjang-panjang apaan tau.

 

Bahan buat bikinnya sebenernya gampang, cuman dari tepung soba khusus, tepung terigu, sama air panas. Kambing ngga dikasih tau takaran kedua tepung tadi, tapi Kambing inget air yang dipakai sekitar 100mL. Caranya?? Hmm, ini yang agak bikin capek—tapi buat yang suka bikin kue atau masak sih kayaknya udah bisa langsung kebayang.

 

Awalnya campurin dua macem tepung tadi ke dalem wadah gede—macem baskom tapi kalau bisa jangan plastik karena nanti dimasukin air panas. Campur dan ratain dua tepung itu. Seudah rata, masukin air panas tadi setengahnya, sekitar 50mL-nya. Aduk-aduk sampai rata—pake tangan yaaa, terus dari sisa yang 50mL itu masukin setengahnya lagi, yakni 25mL. Aduk-aduk terus, usahain kalau ada yang menggumpal dipisahin lagi, jadiin gumpalan-gumpalan kecil dulu. Baru setelah 25mL yang terakhir dimasukin, aduk-aduk lagi bentar dan abis itu satuin semua gumpalan jadi 1 adonan yang lumayan keras. Dari situ, halusin adonannya dikit-dikit—Kambing agak susah jelasinnya kalau pake kata-kata, katanya sih ampe sehalus kulit bayi yang baru lahir (agak aneh emang perumpamaannya). Udah halus, bentuk adonan jadi bulet kayak kepala jamur (nah lho, tambah bingung kan?? Susah emang ya ngajarin masak lewat notes ginian :-p), dan letakin di atas papan penggilingan, ukurannya sekitar 1×1 meter atau 1×1.5 meter cukup.

 

Nah, adonan tadi dipipihin dulu pake tangan (jangan lupa di papan gilingnya kasih dulu tepung biar ga lengket, di atas adonannya juga kasih lagi aja meski jangan terlalu banyak) sampai ukurannya sekitar 1 cm. Abis itu, pake penggilingan kayu gitu, tapi panjangnya minimal 1 meter. Kenapa panjang banget?? Karena ketika nanti si adonan ini digiling ampe cuman berukuran kurang dari 0.5 mm, ukurannya bisa gede banget (dan tentu aja tipiiiiis banget). Karena itulah butuh papan dan kayu penggiling yang panjang. Udah selesai digiling setipis itu, adonan dilipet-lipet terus dipotong-potong. Dipotongnya juga paling kurang dari 1 mm, karena kalau kegedean jadinya kwetiau (… haha, ngga lucu banget…). Abis itu baru deh dimasak. Sayang sih, kita-kita ngga dikasih tau gimana cara masaknya. Tapi udah lumayan, dengan nyoba bikin mie-nya aja udah nambah pengetahuan banget, hehe….

 

Kisah mie soba selesai, dan kisah kedua berlanjut pada bagaimana kehidupan di pemandian air panas (onsen) di Jepang.

 

Yups, seperti yang udah-udah di banyak cerita anime, onsen itu emang tempat paling nyaman buat ngelamun, nyari inspirasi, ngobrol, curcol, dan ngupil (ngga, yang terakhir boong kok). Cumaaaaann….

 

Kalau di Indonesia, masuk pemandian air panas harus pake baju renang, ini sih… ngga boleh pake apa-apa.

 

Eits, tapi tenang aja, di sini yang namanya onsen pasti dipisah cewek ama cowok. Udah jarang banget onsen campuran di Jepang skarang ini. Kalau dulu sih… konon emang banyak. Hueehh….

 

Jadi kalau tradisi masuk onsen di sini, sebelum nyebur ke kolam berbau belerang itu (ya iyalah panasnya juga gara-gara belerang. Bangkrut aja kalau pake water heater apalagi water naheur mah…) pasti harus mandi dulu di kamar mandi yang emang udah disediain—supaya begitu masuk onsen udah ngga ada lagi keringet-keringet dan kotoran-kotoran yang nempel dari luar. Kamar mandinya juga terbuka—engga disekatin, tiap shower udah disediain sabun ama sampo masing-masing (di tempat ini ada sekitar 15-an shower). Haha, udah deh, abis itu langsung nyebur. Untung juga cuaca lagi dingin banget (dan ujan grimis), jadi pas masuk jam 1 siang ngga kerasa panas nyengat, heheee….

 

Tapi mungkin… karena onsen di sini kita ngga boleh pake apa-apa, jadi kerasa ke kulit lebih panas dan lebih cepet ngeluarin keringet. Makanya, ngga heran di cerita anime suka banyak yang tepar dehidrasi atau pingsan mendadak pas masuk onsen.

 

Alhasil, temen-temen Kambing sendiri cuman kuat nyemplung selama 5 menit. Sementara Kambing masih dengan santainya nerusin berendem sampai ntah 5 menit lagi, ampe akhirnya ngerasa haus luar binasa. Huehh, paraaaahh…. Ya udah dari situ basuh-basuh lagi badan pake air shower di kamar mandi tadi, terus kluar deh. Oh ya, di tempat penyimpanan baju juga ada macem tualet berjejer, kaca gede, dan hairdryer. Jadi kalo emang ternyata rambut basah, bisa langsung keramas dan dikeringin di situ. Huaaaahh, lengkap bangeeett…. Di Indonesia sih mana ada yang macem begini?

 

Begitu beres, di luar Kambing langsung nyari-nyari air minum. Sebotol langsung abis ditenggak tuh, hehe. Sementara temen Kambing ada yang ngeluh pusing, Kambing langsung ingetin dia untuk minum aer putih. Cuman karena ngotot pengennya susu, ya udah gih dah terserah dia aja. Mau pingsan mau apa terserah, yang penting Kambing udah ngingetin. Lagian bukannya kalau gitu emang harus digantinya sama air putih lagi kan?? Aneh deh….

 

Kisah si onsen panas pun beres. Meski ngga nyangka ternyata ada satu ritual lagi di bis begitu beres nge-onsen….

 

… yakni tidur masal.

 

Zzzz….

 

 

 

 

 

-Kambing-

Categories: Uncategorized | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: